5 Teh Termahal di Dunia

By on October 23, 2014
tumb

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Teh adalah minuman beraroma yang paling banyak dikonsumsi dan disukai oleh banyak orang di dunia. Daun tanaman teh, camellia sinensis ini biasanya dicelupkan atau direbus di dalam air panas untuk mempersiapkan minuman teh. Rasanya sedikit pahit dan bercampur aroma wangi saat tidak ditambahkan gula, atau pemanis apapun. Bagi yang sudah terbiasa menikmati teh, maka mereka akan peka terhadap rasa teh yang telah mereka cicipi. Namun tidak semua teh rasanya sama. Teh hijau, teh hitam, dan teh putih adalah teh yang sangat nikmat. Jenis-jenis teh ini mempunyai harga yang tidak murah.

Bagi penikmat teh, harga yang fantastis bukan menjadi persoalan, asalkan mendapatkan kenikmatan merasakan teh yang mereka inginkan. Seperti teh berkualitas yang dihasilkan oleh negara-negara berikut ini. Kabarnya,  beberapa teh yang dihasilkan merupakan yang termahal di dunia, karena menghasilkan daun teh yang berbeda, dan memiliki signature rasa yang istimewa. Penasaran ingin mengetahui teh-teh apa saja yang termahal di dunia? Berikut informasinya. 1. Darjeeling Tea

Teh termahal pertama ialah darjeeling tea. Seusai dengan namanya, darjeeling tea ini adalah teh hitam yang dibuat dari daun teh yang berasal dari perkebunan di daerah Darjeeling, India. Darjeeling tea punya aroma dan warna teh yang langka. Teh ini ditanam di ketinggian 5000 hingga 8000 kaki di lereng pegunungan Himalaya. Inilah yang membuatnya sangat istimewa dan memiliki aroma yang sangat langka. Bahkan darjeeling tea dianggap sebagai teh hitam berkualitas tinggi, sehingga teh ini dijual dengan harga yang selangit.

Darjeeling Tea

(Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Kabarnya,  teh ini dijual senilai 4,8 juta rupiah per kilonya. Teh darjeeling terbaik dan termahal disebut penikmat teh sebagai muscatel, karena aroma wanginya  yang manis seperti anggur muskat. Darjeeling tea juga dianggap sebagai teh hitam berkualitas tinggi, sehingga ia mendapat julukan the champagne of tea. Teh seperti ini sangat disukai di inggris dan juga negara-negara bekas koloni inggris lainnya.

2. Tieguanyin Tea

Teh termahal berikutnya ialah Tieguanyin Tea. Dilihat dari namanya, bisa ditebak kalau teh ini berasal dari Cina. Ya, tieguanyin tea merupakan salah satu teh termahal di dunia yang dihargai 18 juta rupiah per kilogramnya. Harga teh ini sangat mahal karena rasanya yang enak, dan khas. Bahkan kabarnya, teh ini punya aroma dan rasa yang sangat pekat, meski sudah diseduh selama 7 kali berturut-turut.

Tieguanyin atau sering juga disebut teh guan yin ini adalah salah satu jenis teh oolong, yaitu campuran teh hitam dan hijau semi fermentasi. Teh ini merupakan jenis teh langka yang berasal dari abad ke 19, di kota Anxi, Propinsi Fujia. Aromanya sangat istimewa dan berbeda dari jenis teh oolong lainnya. Teh guanyin berkualitas tinggi bentuknya selalu terikat erat, dan pada saat diseduh, memberikan aroma anggrek yang manis serta warna kuning emas.

Tieguanyin Tea (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Tieguanyin Tea (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Yang membuat teh ini sangat mahal harganya ialah, proses pembuatannya yang sangat rumit, dan tak sembarang orang bisa membuat teh ini sekalipun telah diberi tahu prosesnya.  Bahkan hingga saat ini, tak banyak orang yang tahu proses dan cara pembuatannya, sehingga teh ini selalu menjadi teh langka yang mahal dan berkualitas. Tak hanya cuma dinikmati kelezatannya, teh ini juga ternyata berkhasiat bagi tubuh. Diantaranya yaitu obat anti-penuaan, anti-kanker, obesitas, serta tekanan darah tinggi.

3.  Da Hong Pao

Negeri tirai bambu memang sudah dikenal sebagai negara asal teh. Selain tieguanyin tea, China juga punya jenis teh termahal lainnya, yaitu teh Da Hong Pao. Nama teh ini artinya adalah kemasan kantung berwarna merah.  Jenis teh varietas oolong ini begitu melegenda, diyakini ditemukan sejak Dinasti Ming. Menurut legenda, ibu dari seorang kaisar dinasti ming disembuhkan dari penyakit oleh teh misterius ini. Kaisar mengutus orang-orangnya untuk melacak asal-usul teh tersebut, dan ditemukan bertengger tinggi di atas batu di gunung wuyi.

Tanaman teh itu masih bertahan hingga kini dan sangat dihormati. Bahkan da hong pao dianggap sebagai harta nasional China yang sangat berharga. Teh ini hampir tidak ditemukan untuk dijual, dan ramuannya tetap dirahasiakan. Tak heran jika harga teh da hong pao dibandrol sangat tinggi.

Da Hong Pao

Da Hong Pao (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Pemerintah cina sempat menjual teh ini pada tahun 1998, dalam sebuah lelang dengan harga penawaran tertinggi mencapai 1,25 juta dollar AS, atau sekitar Rp 14,7 miliyar per kilogramnya. Apa yang begitu istimewa dari teh ini, yang membuatnya dihargai begitu  mahal? Para pejabat cina mengklaim bahwa teh ini kaya akan rasa bunga dan membuat mulut anda tetap wangi, bahkan beberapa menit setelah diminum.  Kabarnya, teh ini juga bermanfaat sebagai teh obat. Teh da hong pao kerap dijadikan sebagai hadiah dari pemerintah china kepada para pejabat dan orang terhormat yang berkunjung ke negeri tirai tersebut.

4.  Poo Poo Pu-Erh Tea

Berasal dari daerah Yunnan di China, teh  Poo Poo Pu-Erh mungkin adalah secangkir teh aneh yang pernah Anda minum. Ini mungkin terlihat seperti sekelompok daun kering, tetapi mereka sebenarnya kotoran dari beberapa jenis serangga. Ya, serangga tersebut memang tidak memakan apa-apa selain daun teh sepanjang hidup mereka. Kotoran mereka lalu dipungut oleh petani Taiwan menggunakan pinset dan kaca pembesar karena mereka begitu kecil, dan diresapi untuk membuat teh energi dengan sifat obat.

Poo Poo Pu-Erh Tea

Poo Poo Pu-Erh Tea (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Dianggap sebagai minuman yang lezat, teh ini diciptakan pada abad ke-18 oleh dokter Cina untuk ditawarkan sebagai hadiah kepada Kaisar Qianlong.  Menurut kabar, harga teh Poo Poo Pu-Erh berkisar 1000 dollar AS, atau sekitar Rp 12 juta per kilonya.

 5. Panda Dung Tea

Teh termahal terakhir ialah Panda Dung Tea. Sesuai dengan namanya, panda dung tea merupakan teh yang terbuat dari kotoran panda. Mungkin ini merupakan saingan terberat dari kopi luwak, karena mereka sama-sama terbuat dari kotoran, hanya berbeda hasil bahannya saja. Meski kedengarannya cukup menjijikan, namun teh jenis ini menjadi minuman paling dicari di China, khususnya di provinsi Yaan, Sichuan.  Mereka rela menghabiskan uang ratusan juta rupiah demi mendapatkan teh ini setiap kilonya.

Teh yang dihargai sangat mahal ini tercipta dari ide seorang pakar satwa liar asal China, bernama An Yanshi. Dia berhasil mencampurkan teh hijau dengan kotoran panda untuk menghasilkan teh dengan aroma yang khas. Metode pembuatan teh ini masih sangat rahasia, tetapi dia menjanjikan orang yang meminumnya akan merasakan sensasi rasa yang matang dan akan mengeluarkan aroma kacang yang khas saat diseduh.

Panda Dung Tea

Panda Dung Tea (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Jika anda ingin mencicipinya, anda harus menghabiskan uang sebesar 50 ribu poundsterling, atau setara dengan Rp 714 juta per kilogram, atau lebih dari dua juta rupiah per gelasnya. Bayangkan, untuk 500 gram teh ini saja setara dengan harga rumah. (**)

Sumber : berbagai sumber, uniknya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: