Restoran Unik di Iran, Seluruh Bangunan dan Perabotnya Terbuat dari Garam

By on January 21, 2015
tumb

[UNIKNYA.COM] Restoran yang berada di kota Shiraz, Iran, ini memang benar-benar unik. Berbeda dari lazimnya, restoran ini seluruh dindingnya benar-benar tertutup garam dengan sempurna.

Restoran ini mengambil nama yang sama dengan keunikannya, yakni Salt Restaurant. Uniknya lagi, perlengkapan di sana mulai dari kursi, meja, dan bar juga terbuat dari garam. Bahkan lantainya yang licin dan mengkilap karena dilapisi oleh cairan garam.

Tak sekadar berlapis garam, restoran ini juga memiliki arsitektur yang cantik. Dindingnya dibuat berlekuk sedemikian rupa hingga menjadikannya tak sekadar dinding tapi karya seni tinggi.

salt-restaurant-iran2-550x550

Restoran unik ini digagas oleh perusahaan Iran Emtiaz Designing Group. Mereka menggunakan garam untuk konsep kontruksi hijau. Para desainer rupanya terinspirasi dari gua garam alami. Terlihat dari desain interiornya yang berputar seperti gua-gua garam alami. Setelah tahap penelitian selesai, mereka merancang dinding, atap dan tangga untuk mewakili pandangan yang lebih modern dari gua garam.

Mereka menciptakan bangunan menggunakan lingkungan yang berkelanjutan, bersumber secara lokal, garam yang terjangkau, bubuk dan batu. “Dalam kasus ini, dinding, patung struktural dan langit-langit terbuat dari garam yang bersumber dari tambang garam di dekatnya dan danau garam Shiraz yang dicampur dengan karet alam yang mengeras,” kata juru bicara perusahaan, seperti yang dikutip Odditycentral.

salt-restaurant-iran3-550x825

Meski sebagian besar terbuat dari garam, tidak semua bagian restoran terbuat dari garam, contohnya meja. Bagian meja terbuat dari batu garam dan daur ulang kaleng minuman ringan.

Selain itu, para desainer juga memilih garam untuk mengurangi polusi. “Garam adalah desinfektan alami yang bisa untuk memurnikan dan menyaring udara. In adalah bahan yang sempurna untuk restoran,” ungkap juru bicara Emtiaz Designing Group. (**)

Sumber : odditycentral.com, uniknya.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: