Shani Shingnapur, Desa Tanpa Pintu di India

By on January 21, 2015
tumb

[UNIKNYA.COM] Sobat unik percaya atau tidak, ada sebuah desa di wilayah barat India yang seluruh bangunannya tidak memiliki pintu. Baik itu rumah, sekolah, bank, bahkan toilet umum dibiarkan terbuka tanpa penutup pintu seperti pada umumnya.

Ya, seluruh bangunan di desa Shani Shingnapur memang tidak memiliki pintu. Para warganya tidak merasa cemas dengan barang berharga dan perhiasan emas yang mereka miliki.

Hanya beberapa warga saja yang menutupi lubang pintu dengan palang besi pada malam hari untuk mencegah hewan buas seperti anjing liar.

Satu-satunya masalah dengan tidak adanya pintu adalah tidak ada orang yang perlu mengetuk pintu untuk mengumumkan kedatangan. Sebagai solusi, para warganya sepakat untuk berteriak dari luar rumah dan sang pemilik akan datang menghampirinya.

Bahkan sebagian besar toilet umum di desa Shani Shingnapur tidak memiliki pintu. “Untuk alasan privasi dan mengikuti permintaan kaum perempuan, kami baru-baru ini sepakat untuk menempatkan tirai tipis dekat jalan masuk, tapi tidak pintu karena itu akan bertentangan dengan keyakinan kami,” ucap seorang penjaga toko, seperti yang dikutip Odditycentral.

Shani-Shingnapur-doors2-550x368

Rupanya hal ini bermula dari keyakinan warganya kepada Dewa Shani, dewa umat Hindu yang bertugas sebagai pelindung. Mereka percaya penuh kepada Dewa Shani untuk menjaga keamanan mereka. Hal ini berdasarkan mimpi kepala desa yang mengaku didatangi Dewa Shani dan dijamin keselamatan mereka dari segala macam bahaya.

“Kekuatan Shani sangat besar, jadi jika ada orang yang mencuri maka pencuri itu akan mendadak linglung,” kata Balasaheb Borude. “Ia akan merasa terus berjalan sepanjang malam dan berpikir telah meninggalkan desa. Namun saat matahari muncul, si pencuri akan sadar kalau dia hanya berjalan di tempat.”

Shani-Shingnapur-doors5-550x366

Hingga saat ini, populasi penduduk desa Shani Shingnapur mencapai sekitar 5 ribu jiwa. Tak ayal, keunikan desa tersebut pun mengundang ketertarikan banyak wisatawan.

“Dunia harus tahu ada sebuah tempat bernama Shani Shingnapur, desa yang rumah-rumahnya tidak berpintu, ada pohon-pohon tanpa bayangan, dan ada dewa-dewa tanpa candi,” ujar Sayaram Bankar, warga Shani Shingnapur. “Orang-orang dari penjuru India banyak yang datang ingin melihat desa yang tidak biasa itu.” (**)

Sumber : odditycentral.com, uniknya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: