Ekstrim! Mencukur Rambut dengan Besi Panas di China, Berani Coba?

By on March 24, 2015
tumb

[UNIKNYA.COM] Mencukur rambut menggunakan gunting rambut, memang sudah biasa. Tapi menggunakan besi panas untuk membakar rambut, itu baru luar biasa. Teknik ekstrim inilah yang dilakukan oleh penata rambut asal Cina, Wang Weibu.

Pria berusia 72 tahun itu merupakan salah satu dari beberapa penata rambut di China yang masih mempraktekan metode seni mencukur rambut kuno, yang disebut ‘Dahoujia’. Metode kuno itu melibatkan sepasang penjepit logam panas untuk membakar rambut mati daripada memotongnya.

Saat beraksi, Wang biasanya memanaskan logam penjepit dalam bara api dari kayu. Setelah itu, ia merendamnya dengan sedikit air sebelum digunakan pada rambut untuk pertama kali.

Jika rambut terlalu panjang, maka besi panas yang digunakan berbentuk seperti gunting. Lalu ia akan mengusapkan logam panas diseluruh rambut yang tersisa. Tak perlu khawatir dengan rambut yang hangus, Wang justru mengklaim bahwa hasil potongannya akan sesuai dengan keinginan pelanggannya dan potongan itu bisa bertahan hingga 3 bulan.

“Pelangganku setuju denganku bahwa potongan rambut dengan caraku dapat menjaga bentuk yang sama selama 3 bulan. Benar-benar berhasil,” ujar Wang.

23

Metode mencukur kuno ini sebenarnya telah tersebar luas di China, hingga terdepak dari dunia fashion pada tahun 1980-an. Sekarang, hampir tidak ada orang yang ingin potong rambut dengan menggunakan metode yang tidak biasa itu.

“Tidak terlalu banyak lagi pelanggan yang tertarik dengan metode itu. Saat ini kebanyakan orang tua yang datang ke tokoku. Suatu hari nanti mereka tidak akan berada di sini lagi,” sambung Wang.

Meski begitu, Wang mengaku jika bisnisnya itu masih berjalan baik saat ini di tokonya di Jinshi di Kabupaten di Provinsi Sichuan, China. “Bisnisku cukup baik,” Wang meyakinkan.

Wang juga menambahkan bahwa para pelanggannya tampak memanfaatkan teknik Dahoujia untuk mempertahankan bentuk rambutnya dalam jangka waktu yang panjang, tanpa harus menggunakan bahan kimia apapun. Menurutnya, satu-satunya kelemahan metode potong rambut tradisional itu adalah bau terbakar. Namun sebagian besar kliennya tidak mempermasalahkan hal itu. (**)

Sumber : odditycentral.com, uniknya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: